Fasilitas dan Gambaran Sistem Affiliasi Amazon.com

Amazon.com, Inc adalah perusahaan perdagangan elektronik multinasional dari Amerika. Pusatnya berada di Seattle, Washington. Amazon adalah perusahaan jual-beli online terbesar di Amerika, dengan hampir tiga kali pendapatan penjualan internet dari perusahaan peringkat dua, Staples Inc pada Januari 2010. Jeff Bezos mendirikan Amazon.com, Inc pada tahun 1994 dan diluncurkan secara online pada tahun 1995.

Awalnya Amazon berupa toko buku online, kemudian sekarang berkembang menjadi pusat penjualan online produk-produk seperti: musik CD, VHS dan DVD, MP3, software, elektronik, barang-barang dapur, alat-alat, peralatan berkebun, mainan & games, furnitur, produk bayi, pakaian, barang-barang olahraga, gourmet food, perhiasan, jam tangan, produk kesehatan dan barang-barang personal care, produk kecantikan, alat musik, persediaan industri & sains, bahan makanan, dan sebagainya. Amazon telah mendirikan website terpisah di Kanada, Inggris, Jerman, Perancis, Jepang, dan Cina. Amazon juga menyediakan pengiriman internasional untuk negara-negara tertentu untuk beberapa produk-produknya.

Amazon memberikan fasilitas pada pengguna untuk mengirimkan komentar dan penilaian mereka ke halaman web dari setiap produk. Selain itu, pengguna juga bisa menilai produk pada skala rating dari satu sampai lima bintang berdasarkan rating dari semua user yang pernah memberikan penilaian mereka pada produk Amazon. Sistem ini menguntungkan pengguna yang ingin membeli produk-produk dari Amazon karena mereka bisa tahu dari kesaksian pengguna-pengguna lain yang pernah membeli produk tersebut, bahkan komentar-komentar negatif pun ikut diperlihatkan. Robert Spector mengatakan, "Ketika penerbit dan penulis bertanya pada Bezos, kenapa Amazon.com menampilkan komentar-komentar negatif. Dia mengatakan bahwa Amazon.com itu 'mengambil pendekatan yang berbeda...kami ingin membuat setiap buku tersedia - yang baik, yang buruk, yang jelek...untuk memperlihatkan kebenaran' (Spector 132)".

"Pencarian dalam buku" adalah fitur Amazon.com di mana semua pelanggan bisa mencari dengan kata kunci sampai ke semua tulisan yang ada di dalam katalog Amazon. Fitur ini dimulai dengan 120.000 judul (atau 33 juta halaman) pada 23 Oktober 2003. Sekarang ada sekitar 250.000 buku dalam program pencarian tersebut. Amazon telah bekerja sama dengan sekitar 130 penerbit sehingga bisa memberikan layanan pencarian seperti itu. Untuk menghindari pelanggaran hak cipta, Amazon.com tidak

Berdasarkan informasi dari forum diskusi Amazon.com, Amazon memperoleh 40% penjualannya dari para affiliaters. Mereka disebut sebagai Amazon Associates (asosiasi Amazon) dan penjual pihak ketiga yang me-list dan menjual produk-produk yang ada di website Amazon.com. Asosiasi memperoleh komisi dengan menawarkan pada para konsumen melalui link affiliasi mereka ke halaman muka Amazon atau produk tertentu. Amazon sudah memiliki lebih dari 900.000 member di seluruh dunia dan yang menggunkan fasilitas program affiliasi. Asosiasi dapat mengakses katalog Amazon secara langsung dari web mereka dengan menggunakan Amazon Web Services (AWS) layanan XML. Produk affiliasi baru, aStore, memberi fasilitas pada Asosiasi bisa meng-embed produk-produk Amazon atau menaruh link-nya di website lain.

Amazon juga memberikan fasilitas bagi para membernya untuk menjual produk mereka sendiri (member) di Amazon (Amazon berperan sebagai perantara). Telah lebih dari 1,3 juta produk-produk dari para penjual yang menaruh produknya di Amazon terjual pada tahun 2007. Menjual produk di Amazon sudah menjadi semakin populer sebanding dengan bertambahnya variasi kategori dan fitur-fitur untuk mendukung penjualan. Tidak seperti eBay, penjual-penjual di Amazon tidak perlu memisahkan account pembayaran karena semua pembayaran dan keamanan pembayaran sudah ditangani langsung oleh Amazon.

Oleh karena itu, menjual produk atau menjual dengan sistem affiliate Amazon sangat menguntungkan dan memudahkan para membernya. Ditambah lagi dengan strategi Rahasia-Paypal yang langsung ditulis dengan pengalaman pribadi penulis menjual dengan memanfaatkan fitur program affiliasi yang ada di Amazon, Anda bisa memperoleh ratusan sampai ribuan dolar (bisa lebih, tergantung dengan usaha dan kecerdikan Anda dalam menjual)! Jadi, apa Anda masih ragu untuk bergabung dengan Amazon?

Add to Cart